Mengenal Ruang Kerja Photoshop 7

Sebelum kita mulai panduan belajar Photoshop ini, perlu saya jelaskan kenapa saya memilih Photoshop versi 7 sebagai program untuk belajar. Hal ini karena didasarkan pada asumsi bahwa tidak seluruh orang yang memiliki komputer dengan spesifikasi tinggi yang mampu untuk menjalankan Adobe Photoshop dengan versi yang lebih baru (versi 9, CS 2, CS 3 dan CS 4). Juga perlu dipahami bahwa versi-versi terbaru hanyalah pengembangan menu dan tool yang dimiliki oleh Adobe Photoshop versi sebelumnya, dan tutorial ini adalah tahapan awal untuk memberikan pondasi pengenalan bagi para pemula untuk memahami dan menggunakan software Adobe Photoshop.

ruang kerjaPada area kerja inilah semua kegiatan menggambar akan kita lakukan. Mulai dari pembuatan garis sederhana, manipulasi, retouching sampai pengeditan. Anda harus mengetahui ruang kerja ini karena semakin Anda memahami ruang kerja, maka semakin cepat dan mudah bagi Anda utnuk melakukan pekerjaan dan menjalankan langkah-langkah pada tutorial.

Secara garis besar, area kerja terbagi menjadi beberapa komponen antara lain:

1. Menu Bar

Menu Bar berisi menu perintah. Menu-menu tersebut di kelompokkan berdasarkan topik.

Menu barSebagai contoh, Layer Menu berisi perintah yang berhubungan dengan layer, lalu layer filter berisi perintah berkaitan dengan filter yang bisa Anda gunakan untuk memanipulasi sebuah gambar.

2. Toolbox

Toolbox berisi peralatan untuk membuat dan mengedit image. Anda bisa memilih sebuah tool dengan cara mengklik icon pada tolbox.

Tool box teksSegitiga kecil pada kanan bawah icon menunjukkan adanya tool lainnya yang sejenis. Untuk mengeluarkan tool yang tersembunyi, klik kanan pada icon maka akan muncul menu yang berisi tool lain. Anda bisa melihat daftar di bawah ini untuk melihat jenis tool yang ada pada toolbar.

Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbox, klik Window>Tools. Tanda centang menunjukkan bahwa toolbox sedang aktif.

Di bawah ini Anda bisa melihat tool yang muncul saat Anda melakukan klik kanan pada icon di toolbar:Copy of tool all

3. Option Bar

Option bar berisi option atau pilihan saat menggunakan sebuah tool (alat).

Sebagai contoh saat Anda menggunakan Lasso tool, pada option bar Anda akan menjumpai menu yang berhubungan dengan Lasso tool seperti feather, anti alias dan jenis seleksi.

Untuk menampilkan tool option bar, klik window>Option, klik sebuah tool pada toolbox.

Brush option barOption bar untuk Brush Tool

Text option barOption bar untuk Text Tool

Untuk mengembalikan sebuah tool atau semua tool ke setting semula, klik kanan pada icon tool pada option bar, lalu pilih Reset Tool atau Reset All Tools dari menu yang muncul.

4. Palettes

Palettes berguna membantu Anda untuk memonitor, mengedit dan memodifikasi image. Secara default, palettes muncul dalam sebuah grup.

Pallete 3Palettes dalam grup dan palette yang berdiri sendiri

Cara menampilkan satu palette, pilih nama palette pada menu Window.

Menampilkan atau menyembunyikan semua palette yang terbuka, option bar, dan toolbox, tekan Tab.

Menampilkan atau menyembunyikan semua palette, tekan Shift+Tab.

5. Pengertian Layer

Dalam sebuah palette, Anda akan menjumpai layer. Inilah bagian canggih yang dimiliki oleh sebuah program pengolah image. Dengan layer, Anda leluasa untuk mengedit sebuah image.

Mungkin Anda agak bingung dengan pengertian layer. Di sini layer saya gambarkan sebagai kaca transparan yang menyusun sebuah gambar. Jika 3 buah kaca tersebut berisi gambar lalu digabungkan, maka akan terbentuk sebuah gambar baru.

Seperti contoh, jika kaca 1, kaca 2 dan kaca 3 digabungkan, maka Anda akan melihat gambar seperti pada kaca 1, kaca 2 dan kaca 3.

Posisi kaca 1 terletak paling bawah, kaca 2 berada di atas kaca 1, dan kaca 3 berada di atas kaca 1 dan kaca 2.contoh layer1

Perintah Pada Modul Ini

Di bawah ini adalah beberapa perintah yang sering Anda jumpai dalam modul ini:

  1. Buatlah halaman baru dengan ukuran 600 x 600 pixels, Resolution (200), Contents (White), beri nama Radial Blur. Caranya membuat halaman baru, klik menu File>New.
  2. Tekan Ctrl+Click, artinya secara bersamaan Anda mengklik tombol kiri mouse sambil menekan tomboll Ctrl pada keyboard.
  3. Merubah nama layer atau memberi nama layer, lakukan dengan cara melakukan dobel klik (dua kali klik kiri) pada nama layer.rename
  4. Jika dobel klik Anda lakukan pada icon image, maka akan muncul Blending Option yang berisi pilihan untuk melakukan memberikan Drop Shadow, Bevel and Emboss, Inner Shadow dan lain-lain. Perintah inipun akan sering Anda jumpai.
  5. Jika dobel klik Anda lakukan pada icon teks yang belum dirasterize, maka yang muncul pada halaman kerja Anda adalah seleksi teks. Seleksi ini berguna untuk memodifikasi teks, baik model font, ukuran font, maupun warna font.
  6. Grouping atau linking layer, lakukan dengan cara mengklik icon yang ada di sebelah icon mata pada layer yang bersangkutan.Linked copy
  7. Melakukan seleksi pada layer, lakukan dengan Ctrl+click layer bersangkutan. Seleksi ditandai dengan munculnya garis putus-putus dinamis di sekeliling gambar yang diseleksi.2
  8. Jika Anda temui perintah, misalnya seperti masuk menu Filter>Blur>Gaussian Blur> berarti Anda harus mencari menu Filter pada menu bar, lalu mencari Blur, dan terakhir mencari Gaussian Blur.
  9. Meng-copy (menduplikasi) layer, caranya drag (seret) layer yang hendak di-copy pada icon Create New Layer yang terdapat pada Layer Palette. Sedangkan untuk membuat layer baru cukup dengan klik icon Create New Layer.Create new layer
  10. Jika Anda menemui perintah untuk mengganti warna dengan disertakan kode R=10, G=66, B=25 (sistem warna yang sering saya gunakan), maka Anda harus mengisi Color Picker dengan ketentuan tadi.Color Picker

Share on Facebook

About HSR

biasa aja
This entry was posted in Adobe Photoshop, Tutorial and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to Mengenal Ruang Kerja Photoshop 7

  1. Asep says:

    mantap nih artikelnya. jadi pengen belajar sama situ

    butuh tutorial photoshop bahasa indonesia ini mampir di inspirasi tu desain yuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s