Menggunakan Fungsi Action di Photoshop

Di tengah-tengah kepenatan dengan job desain buku memori siswa dengan foto yang seabrek (khan boring gan???), di sela-sela ruwetnya pikiran, saya sempatkan nulis ini daripada gila gara-gara lihat wajah kotak monitor yang nggak bisa diajak ngomong🙂.

Dalam melakukan langkah-langkah editing di Photoshop, seringkali kita melakukan langkah-langkah tersebut berulang-ulang. Misalnya cropping, seleksi, adjusting image (baik itu Brightness/Contrast, Hue/Saturation, atau Color Balance) dan lain sebagainya. Terkadang juga langkah-langkah yang kita lakukan itu sangat menuntut terhadap akurasi (baca: ketepatan, kesamaan baik skala [cropping, resizing, dsb] maupun value-nya [coloring, image adjusting misalnya]).

Kita ambil sebuah contoh yang terjadi dalam editing foto yang jumlahnya lebih dari ratusan foto. Jika keseluruhan foto itu akan diedit dengan setting yang sama (misalnya crop size-nya, image adjusting-nya, atau mungkin juga image resizing-nya), maka hal ini tentu akan membutuhkan langkah-langkah yang harus sama persis agar hasil editing kita pun menjadi seragam (sama)

.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Photoshop adalah fasilitas Actions. Secara default (baca: acak, setting asli dari instalasi, setting asli dari sononya), fasilitas ini menyediakan beberapa langkah yang secara umum banyak dilakukan dalam proses editing. Proses menjalankannya pun mudah, kita hanya cukup mengklik tombol Play untuk melakukan beberapa perintah yang diinginkan. Di samping itu, kelebihan lain yang dimiliki fasilitas ini adalah kemampuannya untuk merekam segala aktifitas yang kita lakukan dalam suatu proses editing, mulai dari membuat halaman kerja baru, hingga menyimpan dan menutupnya.

Setelah kita bertele-tele plus bingung dengan penjelasan ribet barusan, berikut ini langkah-langkah cara penggunaan fungsi Action di Photoshop (fungsi Recording Action):

(Contoh yang kita gunakan di sini adalah resizing, dan image adjusting beberapa foto, untuk bahan-bahan latihannya silahkan siapkan sendiri. Seperti foto di bawah ini, yang kita butuhkan sekitar 2-5 foto dengan ukuran yang sama, dan bukan foto dengan mode grayscale atau BW alias hitam putih).

1. Buka Photoshop, (ya jelaslah, masak buka MS Word…. :hammer).

2. Masuk menu File>Open, pilih satu foto yang akan kita edit, lalu Open. Kita ambil contoh foto ini misalnya (terserah Anda mau pake foto apa…)

3. Masuk menu Window>Actions.

4. Pada Palette Actions klik New Action (gambar yang seperti ini), setelah itu akan muncul kotak dialog New Action, beri nama action Anda dengan nama resizing, lalu klik Record.


5. Masuk menu Image>Image Size, lalu atur ukuran gambar, Width=200 (pixels), Height=267 (pixels), klik OK atau Enter

(untuk nilai value langkah ini tergantung foto yang Anda gunakan, yang penting biarkan opsi centang Constrain Proportions-nya tetap aktif)

6. Masuk ke menu Image>Adjustments>Hue Saturation, aktifkan centang opsi Colorize, kemudian atur Hue=173, Saturation=26, Lightness=0, tekan Enter.

7. Selanjutnya, kembali pada Palette Actions, klik Stop Recording.

(Nah…. sekarang kita sudah punya action yang telah merekam semua langkah yang telah kita lakukan tadi)

8. Untuk langkah selanjutnya, buka seluruh sisa foto yang belum kita edit. Kita dapat melakukan editing pada foto-foto tersebut dengan action yang telah kita buat tadi. Hanya dengan meng-klik tombol Play pada Palette Actions.

Selamat mencoba…

============
Catatan:

  • Photoshop yang saya gunakan disini Photoshop CS4 portable, tapi latihan ini masih bisa dipraktekkan di Photoshop 7 sampai Photoshop CS3.
  • Langkah ke-6 hanya bisa dipraktekkan jika mode image-nya adalah color mode, baik RGB, CMYK, ataupun Lab Color.

About HSR

biasa aja
This entry was posted in Adobe Photoshop, Tutorial and tagged . Bookmark the permalink.

7 Responses to Menggunakan Fungsi Action di Photoshop

  1. suket teqyu says:

    kang tukeran link donk
    tak tunggu smse

    • HSR says:

      ok, sory Yu, aku jarang nulis, lagi nggak sempat aja, soal link ente pasti tak masukin ke sini.

  2. yoga says:

    thank infonya, makasih banget

  3. kalau untuk resize foto banyak sekaligus bisa pakai image processor photoshop
    nice info…

  4. kalau record actions nya tidak aktif gemana gan? photoshop yang saya gunakan cs5.
    mohon bantuannya gan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s