Uji Pengalaman Vocabullaries dengan Game

Lucu, menantang, bikin pusing dan penasaran. Mungkin ini beberapa hal yang dapat menggambarkan sebuah game Bookworm Adventures Deluxe 1.0. Sebuah game yang baru sekitar seminggu kemarin saya kenal.

Bookworm Adventures Deluxe 1.0 adalah game yang menggabungkan antara pengalaman kosakata bahasa Inggris dan permainan. Yang dimaksud dengan pengalaman kosakata disini adalah game ini menuntut memori kita untuk memanggil kembali ingatan-ingatan kosakata bahasa Inggris yang pernah kita kenal, baik yang kita ketahui maknanya, maupun yang tidak kita ketahui.

Jenis permainan dari game ini adalah adventure dan arcade. Kategori adventure dari game ini menceritakan petualangan Ksatria Cacing untuk menemukan Putri Cassandra yang diculik oleh tokoh-tokoh yang ada dalam game ini. Dalam petualangannya dalam menemukan sang putri, Ksatria Cacing dibimbing oleh seorang pustakawan bernama Professor Codex, yang ternyata pustakawan ini adalah musuh utama yang harus dihadapi oleh Ksatria Cacing pada Final Episode 3.

Kategori arcade dari game ini adalah dalam petualangannya Ksatria Cacing harus bertarung menghadapi musuh yang berbeda-beda dalam tiap chapternya. Dalam tiap chapter ada sekitar 5 sampai 8 musuh yang harus dihadapi.

Ada 3 Buku (Book Episodes) yang harus ditempuh dalam game ini. Masing-masing episode memiliki 10 chapter, dan dalam masing-masing chapter ada beberapa musuh yang harus dihadapi. Masing-masing chapter memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, dari level easy hingga level distinguish. Terutama di Book Episode 2 dan Book Episode 3, huruf-huruf yang harus disusun kebanyakan huruf konsonan yang cukup sulit untuk disusun menjadi kosakata yang bermakna.

Ada beberapa hal yang menjadikan game ini menantang. Pertama, pada Adventure Mode dan Arena Mode, game ini menantang kita untuk menyusun huruf-huruf hingga menjadi kosakata bahasa Inggris yang kita jadikan senjata untuk menyerang musuh yang sedang kita hadapi dalam suatu chapter. Kedua, game ini mengandalkan kelincahan penggunaan mouse, terutama dalam Mini Game Mode dan Arena Mode, kedua mode ini sangat mengandalkan kecepatan penggunaan mouse, sekaligus kecepatan memori kita untuk mengingat-ingat kosakata dan menyusunnya secepat mungkin. Ketiga, game ini juga menuntut kita untuk menggunakan strategi seefektif mungkin, baik dalam pemilihan bekal senjata dan pelindung (body armor) yang digunakan dalam tiap chapternya, maupun jenis senjata dan pelindung temuan (regent health, poison, power up) yang didapat dalam beberapa pertarungan. Tiap kali menyelesaikan satu chapter, Ksatria Cacing akan mendapatkan persenjataan baru. Persenjataan tersebut akan digunakan sebagai bekal pertarungan dalam chapter-chapter berikutnya. Senjata yang dapat dibawa dalam tiap chapter pun dibatasi 3 buah. Nah, tantangannya adalah kita harus mampu memilih bekal persenjataan yang benar-benar efektif untuk menghadapi musuh yang akan dihadapi.

Trik Bermain

  1. Untuk Adventures Mode dan Arena Mode, susun kosakata sepanjang mungkin, semakin panjang kosakata yang disusun, semakin kuat daya serang kosakata tersebut untuk merobohkan musuh.
    Contoh:
    O, L, Qu, G, E, A, E, E, T, D, Z, O, D, N, M
    Huruf-huruf acak ini dapat kita susun menjadi beberapa kata, misalnya CAGE, DOOM, DOZE, ZOOM, MAD, MADE, NAME, MEAN, MIND, TAD, GATE, LATE, EAT, TEA, LEAD, DEAL, GLADE, EAGLE, AQuA, EQuAL, QuEEN, dsb.
    10 kata yang cukup panjang yang masuk Hall of Fame yang mampu saya susun dalam game ini adalah NATULARIZE, TELEPHONE, VARIOUSLY, MEMORIZE, CULTURAL, SYNDROME, BLENDERS, FAVORITE, QUARTERS, dan YOUNGERS.
  2. Pada Adventures Mode, kita dapat menggunakan strategi trial-error untuk menyusun kata sepanjang mungkin, karena dalam mode ini ada kesempatan bagi kita untuk berpikir cukup lama demi menyusun kata yang cukup panjang. Namun pada Arena Mode, kita harus mampu berpikir cepat dan lincah dalam menggerakkan mouse, agar musuh yang sedang dihadapi tidak keburu menyerang dulu.
  3. Untuk menambah kekuatan (nilai) serang kata, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan penambahan-penambahan yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Diantaranya: –S, –Y, –ED, –LY,–ER,–ES, –EST, –ERN, –IZE, –ISM, –NESS, dsb.
    Untuk verb (kata kerja), kita dapat menggunakan tambahan huruf –ED pada akhir kata (namun tentunya tidak semua verb dapat ditambah akhiran –ED). Seperti: KICK menjadi KICKED, KISS menjadi KISSED, dsb.
    Untuk noun (kata benda), kita dapat menambahkan akhiran –S, –ES, –Y, seperti: BOOK menjadi BOOKS, BOSS menjadi BOSSES, SALT menjadi SALTY, dsb.
    Dan untuk adjective (kata sifat), kita dapat menambahkan akhiran –LY, –ER, –EST, –IZE, –NESS, seperti SERIOUS menjadi SERIOUSLY, HIGH menjadi HIGHER, FAST menjadi FASTEST, NATURAL menjadi NATURALIZE, SAD menjadi SADNESS, dsb.
  4. Dalam Adventure Mode dan Arena Mode, musuh yang dihadapi memiliki kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda, oleh karena itu, pilihlah senjata dan pelindung yang paling efektif untuk menyerang dan bertahan, karena semakin tinggi level yang telah dicapai, maka semakin sulit pula musuh yang dihadapi.
  5. Strategi trial-error seringkali memunculkan kosakata yang cukup asing bagi kita, sehingga tidak jarang pula kosakata tersebut tidak kita ketahui maknanya. Nah, jika memang kita mengalami hal ini, alangkah baiknya jika kata tersebut kita catat sebagai tambahan kosakata bahasa Inggris kita. Setelah selesai bermain, kita dapat mencarinya di kamus sehingga perbendaharaan kosakata kita semakin banyak. Juga, agar bukan permainan dan kesenangan belaka yang kita dapat, namun bermain sekaligus belajar.
  6. Di bawah ini beberapa screen shoot game ini:



    Tertarik untuk mencoba???
    ====================
    Untuk link download game Bookworm Adventures Deluxe 1.0 klik disini.
    Dan untuk link download cracker-nya klik disini.

About HSR

biasa aja
This entry was posted in Game and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to Uji Pengalaman Vocabullaries dengan Game

  1. IpoeL says:

    maz, crack na isinya cuma ada 3 file :
    1. aboutUs.exe
    2. moreCracks (internet shortcut)
    3.TFT TeAM.txt

    gimana makenya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s