Tips Nulis Makalah

Dalam menjalani proses pendidikan, tentunya kita tidak akan terlepas dengan tugas-tugas, baik tugas individu maupun tugas kelompok. Tugas yang diberikan guru atau dosen pun kadang tidak cukup satu, dan terkadang deadline-nya cukup mepet dengan deadline tugas yang diberikan guru atau dosen lain.

Untuk mengerjakan semua makalah tersebut dan bisa diselesaikan dengan maksimal, dibutuhkan tenaga dan pikiran ekstra. Dalam tulisan ini, akan saya berikan beberapa tips yang barangkali bisa membantu kawan-kawan dalam menulis makalah dengan cepat:

  1. Telaah judul atau tema
    Agar makalah yang ditulis tidak salah arah, pahami dengan baik judul atau tema yang diberikan oleh dosen. Karena tidak jarang makalah yang salah pembahasan karena penyusun yang kurang paham dengan maksud dari tema tersebut. Jangan sungkan untuk bertanya secara detail terkait tema yang diberikan kepada guru atau dosen yang memberi tugas. Malu bertanya, sesat di jalan. Banyak bertanya, dikiranya wartawan… hehehe just kidding 😉
  2. Searching beberapa referensi terkait tema
    Untuk lebih memahami tema yang ditugaskan, kita perlu untuk menjelajah referensi-referensi terkait dengan tema tersebut. Maksimalkan fasilitas yang ada, perpustakaan pribadi, perpustakaan kampus, perpustakaan umum, atau juga fasilitas internet. Kita perlu memaksimalkannya untuk memahami tentang apa saja yang kiranya ada dalam pembahasan tema itu. Singkatnya, pahami ruang lingkup tema dari tugas kita.
  3. Buatlah outline
    Setelah memahami judul atau tema tersebut termasuk juga ruang lingkupnya, kita perlu untuk membuat outline agar alur pemikiran makalah kita terarah. Sehingga pembahasan penting tidak sampai tertinggal, atau bahkan pembahasan yang tidak nyambung dan tidak penting jangan sampai ada dalam makalah.
  4. Persiapkan seluruh bahan rujukan
    Tahap selanjutnya, persiapkan seluruh bahan rujukan yang menjadi penunjang makalah, baik berupa buku, jurnal, penelitian, atau makalah. Kita bisa menggunakan mbah Google sebagai pembantu mencari referensi, caranya cukup mudah, dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencariannya (seperti “jurnal ilmu bahasa:pdf” tanpa tanda kutip), lalu klik Cari atau Search.
  5. Patuhi aturan kutipan
    Agar tidak terjadi plagiasi, patuhi seluruh aturan yang berlaku terkait pengutipan baik kutipan langsung maupun tidak langsung.
  6. Patuhi aturan penulisan rujukan
    Jika kebijakan yang diberikan kampus adalah penulisan rujukan dengan footnote, maka jangan gunakan in note atau end note.
  7. Patuhi aturan penulisan daftar rujukan
    Ini juga penting, banyak sekali makalah yang menyertakan daftar rujukan tapi ngawur dalam penulisannya.

Penunjang lain agar makalah cepat selesai, kuasai mengetik 10 jari, jangan kuasai “mengetik 11 jari” dan jangan biarkan kesibukan-kesibukan yang tidak penting mengganggu Anda. Dan terakhir, berdoalah agar Anda diberi kesehatan!

About HSR

biasa aja
This entry was posted in Lain-lain and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s