Font dan Style

Salah satu tool yang disediakan oleh MS Word 2007 adalah Style. Style berfungsi untuk mengatur gaya teks, baik teks judul, sub judul, pointer, maupun teks paragraf.

Di samping itu, Style juga sangat membantu dalam membuat daftar isi otomatis (Table of Contents. Mengenai hal ini, lihat pembahasan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis).

Namun, sebelum membahas cara menggunakan Style, terlebih dahulu perlu dipahami tentang jenis font yang biasa digunakan dalam karya ilmiah, dan cara merubahnya dalam MS Word.

Jenis Font

Dalam ilmu Desain Komunikasi Visual (DKV), dikenal beberapa jenis font. Namun, dalam penulisan karya ilmiah, ada dua jenis font yang sering digunakan, yaitu Serif (font yang memiliki kaki) dan Sans Serif (font tanpa kaki).

Contoh jenis font Serif adalah Times New Roman, Bookman Old Style, Cambria, dan lain sebagainya.

Contoh jenis font Serif adalah Arial, Calibri, Impact, Tahoma, dan lain sebagainya.

Dua jenis font ini sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah agar pembaca dapat lebih mudah untuk menangkap dan memahami isi dari karya ilmiah tersebut.

Memilih dan Merubah Font

Untuk memilih dan merubah font, baik ukuran, warna maupun gaya tampilan font, dapat dilakukan dengan cara klik menu Home, pada grup menu Font, atur sesuai dengan kebutuhan.

Keterangan gambar:

Combo box Font: berisi daftar nama font yang disediakan. Anda bisa membuka kotak dialog Font dengan menggunakan kombinasi keyboard Ctrl+Shift+F.

Combo box Font Size: berisi daftar ukuran yang disediakan secara default. Anda bisa membuka fungsi ini dengan menggunakan kombinasi keyboard Ctrl+Shift+P.


Grow Font: berfungsi untuk memperbesar ukuran font (Ctrl+})


Shrink font: berfungsi untuk memperkecil ukuran font (Ctrl+{)


Bold: berfungsi untuk membuat font cetak tebal (Ctrl+B)


Italic: berfungsi untuk membuat font cetak miring (Ctrl+I)


Underline: berfungsi untuk membuat font dengan garis bawah (Ctrl+U). Di sebelah kanan tombol ini, terdapat tombol panah kecil yang berisikan beberapa pilihan gaya garis bawah.


Strikethrough: berfungsi untuk membuat font dengan garis melintang di atasnya. Contoh font dengan Strikethrough: ini contoh Strikethrough Strikethrough.


Subscript: berfungsi untuk membuat font seperti contoh berikut: D = X1 – X2

Untuk menggunakannya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl dan +


Superscript: berfungsi untuk membuat font seperti contoh berikut: CO2

Untuk menggunakannya, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Shift dan +


Change Case: berfungsi untuk merubah gaya tulisan dengan huruf kapital semua, huruf kapital di awal kata, atau acak. Perhatikan contoh di bawah ini:

Ini adalah contoh sentence case

ini adalah contoh lower case

INI ADALAH CONTOH UPPERCASE

Ini Adalah Contoh Capitalize Each Word

iNI ADALAH CONTOH tOGGLE cASE

Menggunakan Style

Pada menu Home, terdapat grup menu Styles. Dalam grup menu ini terdapat beberapa Style (gaya) teks. Untuk menggunakannya, Anda klik salah satu Style dari beberapa pilihan yang disediakan.

Cara Merubah Style

Masing-masing style tersebut masih dapat Anda kustom sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya, sorot salah satu Style yang ada pada grup menu Style, lalu klik kanan, kemudian pilih Modify.

Setelah itu, muncul kotak dialog Modify Style.

Langkah selanjutnya, ubah Font, ukurannya, tebal-miringnya, dan lain sebagainya. Anda juga dapat merubah jarak spasi paragrafnya. (Tentang pengaturan paragraf, bisa dilihat pada pembahasan Indentasi, Tab Stop dan Paragraf, Bullet & Numbering)

Agar hasil modifikasi Anda tersimpan, setelah selesai melakukan modifikasi, Anda klik OK.

About HSR

biasa aja
This entry was posted in MS Word 2007, Tutorial and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a comment